Friday, May 18, 2018

Menggunakan Mesin Obras untuk Jahit Semi Neci

Dari dulu saya selalu berpikir, kenapa sih tidak ada mesin jahit yang bisa mengerjakan semua? Mulai dari jahit lurus, zigzag, obras, overdeck, hingga neci dalam satu mesin. :))
Kalau ada, pabrik mesin jahitnya bisa gulung tikar kali ya.

Di postingan ini, saya ingin membahas tentang mesin obras yang diubah menjadi (semi) neci, wolsum, atau lebih dikenal dengan sebutan jahit tepi. Judulnya sudah tertulis 'semi' yang artinya tidak bisa sepenuhnya menggantikan jahit neci, tapi setidaknya bisa menghemat biaya pembelian mesin neci. :b

Sudah dua tahun saya memakai mesin obras 3 benang dan tahu kalau mesin itu bisa disetel ke jahit (semi) neci, tapi apa daya dari dulu paling takut setel2 mesin jahit ini karena keterbatasan skill. Kurang setel sedikit saja bisa mengurangi feel saat menjahit. Halah, lebe!

Browsing di YouTube dan menemukan video Cara Merubah Mesin Obras jadi Neci.
***Intermezzo: this Grammar Nazi side of me merasa kurang sreg dengan judulnya yang "merubah". Seharusnya "mengubah" karena merubah artinya membuat jadi rubah. *kemudian gw dilempar batu*

Ternyata gampang toh setelnya. Pengait benangnya dilepas supaya lebar jahitan dari jarum ke tepi kain jadi lebih rapat sehingga menyerupai jahit neci. Bagi saya, semi neci ini paling berguna saat menjahit circle skirt untuk dress anak. Saya lihat di toko (tiiiit...*suara sensor*) yang harganya ratusan ribu juga menggunakan jahit semi neci! Saya mengira baju yang bisa dijual di toko terkenal setidaknya menggunakan mesin neci. Hal inilah yang mendorong saya untuk menyetel mesin obras saya. Hehe...

Berikut foto hasil modifikasinya.

Untuk hasil yang lebih bagus, dapat menggunakan benang neci. Fotonya sudah di zoom in sehingga terkesan masih lebar dan tidak menyerupai neci. Aslinya lebih bagus dan lebih rapat. Yaaa...secara kasat mata bisa lah menghemat biaya mesin neci. :D

1 comment:

  1. I enjoy watching your videos 🙂you are definitely crafty 👍

    ReplyDelete