Sunday, May 6, 2018

Rotary Cutter Murah dan Mahal

Dua tahun lalu, saat sedang tergila-gila menjahit dress anak, saya tertarik untuk membeli perlengkapan menjahit salah satunya rotary cutter, alat yang penting dalam pembuatan bias tape. Jadinya saya beli cutting mat dan rotary cutter 45mm (dulu nggak peduli merk, yang penting punya rotary cutter).

Lalu, ntah hormon dan bawaan hamil anak cowok atau bukan, tiba-tiba saya jadi malaaaaas banget sama yang namanya menjahit! Keinginan untuk mengoleksi perlengkapan menjahit pun hilang. Dan kini, saat usia si kecil 6 bulan, keinginan menjahit kembali muncul.

Rotary cutter yang saya beli pertama kali kini sudah tak mantap digunakan. Awalnya saya mengira pisau yang sudah tak tajam, setelah mengganti pisau ternyata masalahnya sama saja. Selalu ada satu bagian yang tidak dapat memotong kain. Dipotong berulang-ulang juga tetap satu spot tersebut tidak terpotong!

Browsing di Google, lebih banyak yang merekomendasikan merk Olfa. Saya sering baca kalau merk rotary cutter yang terkenal itu Olfa, baru kesampaian beli saat rotary cutter yang murah bermasalah.

Ini foto rotary cutter saya, sebut saja yang murah (kiri) dan mahal (kanan) :)))))

Saya memang belum lama menggunakan yang mahal, tapi yang bisa saya simpulkan: saat menggunakan yang murah, perlu tenaga ekstra untuk memotong dibandingkan dengan yang mahal. Serpihan kain juga tidak banyak yang menempel di cutting mat kalau menggunakan yang mahal. Kesel kan kalau cutting mat mulai kotor dan mengganggu proses pemotongan. (oh ya, dari yang saya baca dan sudah dipraktekkan, membersihkan cutting mat menggunakan karet penghapus sangat mudah dan bersih sih sih sih!)

Menurut saya, worth it lah kalau beli yang mahal untuk penggunaan serius dan jangka panjang. Pisaunya juga bisa diganti kalau sudah tidak tajam. ;)
Sekian dan Happy Sunday!

1 comment: